Artikel Baru :
Home » » Efek Samping Softlens

Efek Samping Softlens

Tuesday, November 5, 2013 | 10komentar

       Kali ini aul-al-ghifary.blogspot.com akan berbagi informasi mengenai Efek Samping Softlens. Dari sekian banyak orang yang menderita rabun jauh/dekat sangat risih dengan penggunaan frame, walaupun banyak jenis frame yang beredar di pasar, apalagi bagi orang-orang yang baru pertama sekali menggunakan frame. Padahal, dengan penggunaan frame khususnya bagi penderita rabun jauh/dekat akan lebih safety daripada softlens.

        Kalau kita lihat dari fungsi, baik softlens ataupun kacamata keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu membantu penglihatan bagi penderita rabun jauh/dekat. Hanya saja penggunaannya yang berbeda. penggunaan kacamata sangat sederhana yaitu tinggal menggantungkan di kedua telinga. Sedangkan softlens perlu atraksi khusus dalam penggunaanya yaitu menempelkan secara langsung di kornea mata.

Berikut akan saya jelaskan sedikit efek samping softlens, dan petujuk pemakaian softlens yang benar bagi pengguna aktif softlens:



Efek Samping Softlens :
1. Iritasi dan mata merah 
Ini adalah bahaya softlens yang paling sering terjadi. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti debu, pemakaian yang kurang benar dan terlalu lama dipakai. Oleh karena itu, agar tidak mengalami iritasi sebaiknya jaga softlens tidak terkena debu dan pakai dengan cara yang benar. Bagaimana? Yang paling pertama dan paling utama yang harus diingat adalah tangan sahabat harus steril ketika memakai softlens. Pastikan juga untuk tidak memakainya terlalu lama. Tetes mata khusus softlens bisa secara rutin sahabat gunakan untuk memberikan efek lega ketika memakainya.

2. Terlalu longgar atau terlalu ketat 
Softlens bisa menjadi terlalu longgar atau bahkan terlalu ketat seperti sangat menempel ke mata disebut hypoxia. Hal ini dikarenakan pemilihan kadar air yang salah ketika membeli softlens. Maka dari itu sesuaikan dengan keadaan mata. Jika mata sahabat memang sudah memiliki banyak kandungan air mata, pilihlah softlens dengan kadar air lebih sedikit. Sedangkan mata yang cenderung kering sebaiknya pilih softlens dengan kadar air tinggi.

3. Softlens koyak dalam mata 
Softlens bisa koyak di mata. Nah, ini cenderung sangat berbahaya. Bahaya softlens ini bisa terjadi karena sahabat memakai softlens saat tidur. Ketika tidur, softlens bisa bergerak-gerak di dalam mata dan bisa berisiko pecah di dalam mata. Tidak hanya itu, softlens dapat mengering karena tidak mendapatkan oksigen dan kadar air yang cukup. Nah, ketika sahabat "mencubit" softlens dalam keadaan kering seperti itu dapat mengakibatkan softlens koyak. Karena itu juga, memang ketika ingin melepaskan softlens sangat disarankan untuk meneteskan tetes mata khusus softlens sebelumnya.

4. Infeksi kornea 
Bahaya infeksi kornea bisa terjadi jika sahabat tidak merawat softlens dengan baik. Karenanya bakteri, jamur dan virus bisa tumbuh di softlens dan membuat alergi pada mata. Maka dari itu, jaga baik-baik softlens sahabat ya. Jika tidak bisa seperti itu, memakai softlens sekali pakai bisa menjadi pilihan jika sahabat mengeluh untuk menggunakan softlens.


Cara Menggunakan Softlens Dengan Benar:

Berikut saran dari AOA supaya dampak negatif menggunakan softlens dapat diminimalisir : 
  • Temui dokter / ahli mata untuk mencari informasi dan mendapatkan lensa yang sesuai untuk mata sahabat dan layak pakai. 
  • Jika sahabat akan menyentuh lensa cucilah tangan terlebih dahulu. 
  • Selalu lepas softlens ketika sahabat tidur. 
  • Membersihkan lensa secara rutin. Cara membersihkan yang baik adalah : usap lensa kontak dengan jari dan bilas dengan cairan pembersih sebelum menyimpan lensa dalam wadah yang sudah berisi cairan pembersih. 
  • Simpanlah wadah lensa kontak di tempat yang lembab dan terlindung dari cahaya matahari langsung 
  • Gantilah wadah lensa setiap minimal 3 bulan sekali. 
  • Untuk menyimpan lensa, gunakan cairan pembersih yang masih baru. Jangan gunakan cairan yang sudah dipakai, meskipun terlihat bersih tetapi mengandung bakteri yang bisa membahayakan mata sahabat. 
  • Patuhi jadwal penggantian lensa kontak sesuai anjuran dokter. 
  • Temui dokter mata sahabat untuk memeriksakan mata secara rutin. 


Cara melepas lensa kontak
  • Cuci tangan sahabat. 
  • Keringkan seluruh tangan sahabat. 
  • Jika mata sahabat kering, sebelum melepaskanya teteskan mata sahabat dengan cairan lensa lubricant. 
  • Gerakan lensa kebawah menuju bagian putih dengan jari. Tekan lensa dengan lembut dengan ibu jari dan telunjuk, dan angkat arahkan keluar dari mata sahabat. 


Cara penyimpan softlens
  • Letakan lensa kontak ditelapak tangan lalu beri 2 sampai 3 tetes solution (cairan pemebersih khusus lensa kontak), kemudian gosok dengan ujung jari telunjuk (searah) Bilas lensa kontak tersebut dengan solution. 
  • Rendam lensa kontak pada tempat lensa kontak dengan solution sesuai dengan aturan yang dianjurkan produsen solution atau praktisi optik sahabat. 
  • Jika lensa kontak ingin digunakan bilas terlebih dahulu,lalu bersihkan tempat lensa dengan solution setelah itu keringkan. 
  • Setelah pemakain 2 minggu rendam lensa kontak dengan menggunakan tablet sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan, hal ini berguna untuk membersihkan deposit protein yang sulit dibersihkan 

Nah, hanya itu yang bisa saya bagikan dengan sahabat tentang efek samping softlens. bila sahabat ada pertanyaan silakan berkomentar dibawahh ini dengan sopan. Terima kasih.
Share this article :

10 comments:

  1. mm... lebih aman pake kaca mat ya :)

    ReplyDelete
  2. sungguh,alhamdulillah saya tidak suka menggunakan softlense,lebih memilih kacamata,karena mata memang daerah yang sangat sensitif dan ketika telah rusak pasti tak akan kembali lagi,terimakasih informasinya mas Aul,sangat bermanfaat
    oh iya saya sedang jala2 mampir ditempatnya mas Aul, ditunggu kedatangannya ditempat saya yaa..jika berkenan mari kita Tukar Link >> Link Exchange


    ditunggu pemasangannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dyah lbh bgus pakee kacamata, lebih aman dan praktis...
      oke..yuk qta tukar link..

      Delete
  3. mantap gan
    http://www.zhafanshop.com/

    ReplyDelete
  4. Kalau menurut saya, lebih ganteng atau lebih cantik orang yang menggunakan kacamata dari pada softlens. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Semua itu tergantung cara pemakaiannya ko kalau emang mau aman saat menggunakan softlens. tambahan dari saya yang mau bagi pengguna softlens agar tetap aman saat memakainya http://softlenmurah.com/news/20/Tips-Cara-Aman-Pakai-Lensa-Kontak.html

    ReplyDelete
  6. mkasih gan ,,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com tmakasih skali lagi gan

    ReplyDelete
  7. Haii, jangan ambil resiko dengan kesehatan mata kamu, dan jangan salah pilih menggunakan softlens, pilih dan gunakan softlens yang memiliki ijin dari Kementerian Kesehatan sehingga aman untuk digunakan.


    http://exoticon.co
    http://x2.co.id

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PENDIDIKAN ISLAM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger