Artikel Baru :
Home » » Mengenal Diabetes Militus (DM)

Mengenal Diabetes Militus (DM)

Wednesday, November 6, 2013 | 0 komentar

Assalammualaikum...

       Apa kabar sahabatku pengunjung setia aul-al-ghifary.blogspot.com? mudah-mudahan sehat walafiat ya. Pada tema kesehatan kali ini saya akan mengajak sahabat untuk Mengenal Diabetes Militus atau sering kita kenal dengan sebutan kencing manis atau DM. Penyakit ini memang tidak menular secara langsung karena dia bersifat "estafet" yaitu bisa diturunkan pada keturunan, meski demikian penyakit ini tergolong berbahaya karena pada penderita yang parah akan sulit disembuhkan, untuk itu mari kita antisipasi terhadap penyakit ini sedini mungkin dengan cara mengenalnya terlebih dahulu, dan kita bisa chek up apakah kita termasuk salah satu penderitanya.



Apakah Diabetes Militus (DM)?

       Diabetes Militus atau sering disebut kencing manis adalah penyakit dimana tubuh penderita tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup, sehingga terjadi kelebihan gula di dalam tubuh. Kelebihan gula yang lama didalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun bagi tubuh. Ada dua tipe Diabetes yaitu:

1. Diabetes tipe I/Insulin Dependent Diabetes Militus (IDDM).
Seseorang dikatakan Diabetes tipe I, jika tubuh perlu pasokan insulin dari luar. Hal ini disebabkan karena sel-sel beta dari pulau-pulau Langerhans telah mengalami kerusakan, sehingga penkreas berhenti memproduksi insulin. Kerusakan sel beta tersebut dapat terjadi sejak kecil ataupun setelah dewasa.

2. Diabetes tipe II/Non Insulin Dependent Diabetes Militus (NIDDM)
Diabetes tipe II terjadi jika Insulin hasil produksi pankreas tidak cukup atau sel lemak dan otot tubuh menjadi kebal terhadap insulin, sehingga terjadi gangguan  pengiriman gula ke sel tubuh. Biasanya orang yang terkena penyakit Diabetes tipe ini yaitu orang dewasa.


Penyebab Diabetes Militus

      Pada dasarnya memang masih terdapat hal-hal yang belum jelas tentang sebab Diabetes Militus, baik menyangkut penyebab kerusakan pankreas maupun penyebab resistensi insulin, sehingga penyebab utama Diabetes Militus belum diketahui.
Namun perlu di waspadai bahwa mungkin saja salah satu faktor penyebab Diabetes pada saat ini adalah adanya perubahan gaya hidup seperti pola makan yang tidak seimbang, kurang aktifitas fisik, dll. Selain itu, adanya stress, kelainan genetika, usia yang semakin lama semakin tua dapat pula menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya penyakit Diabetes.


Gejala-Gejala Diabetes

     Pada tahap awalgejala pada umumnya ringan sehingga tidak dirasakan oleh penderita. Gejala Diabetes pada umumnya diketahui sesudah adanya pemeriksaan laboratorium. Pada tahap lanjut gejala Diabetes yang muncul antara lain:

1. Gejala dan tanda-tanda Diabetes tipe I muncul secara tiba-tiba pada saat usia anak-anak (dibawah 20 tahun), sebagai akibat dari adanya kelainan genetika, sehingga tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Gejala-gejala Diabetes tipe I antara lain:

  • Berat badan menurun
  • Kelelahan
  • Penglihatan kabur
  • Sering buang air kecil
  • Terus menerus lapar dan haus
  • Meningkatnya kadar gula dalam darah dan air seni
2. Gejala Diabetes tipe II muncul secara perlahan-lahan sampai menjadi gangguan yang jelas, dan pada tahap permulaannya sama seperti gejala Diabetes tipe I.


Deteksi Dan Kontrol

      Mereka yang berisiko tinggi terkena Diabetes berusia lebih dari 45 tahun, berat badan berlebihan, tekanan darah tinggi (lebih dari 140/90 mmHg), riwayat Diabetes pada keluarga, mengalami keguguran berulang, melahirkan bayi cacat atau bayi berat badan lebih 4000 gram, kolestrol tinggi (HDL lebih 35 mg/dl atau trigliserida lebih 250 mg/dl) dianjurkan menjalani pemeriksaan dini.
Jika didiagnosis Diabetes, maka gula darah, berat badan, tekanan darah, kadar lemak darah harus dikendalikan. Kalau dengan diet dan olahraga tidak terkontrol harus dilakukan dengan obat.
Gula darah sebaiknya dikontrol rutin. Tingginya kadar gula darah menimbulkan komplikasi pembuluh darah. Mikroangiopati (gangguan mata, ginjal dan saraf) maupun makroangiopati (stroke dan gangguan jantung)
Kerusakan atau komplikasi yang terjadi tidak bisa dihentikan atau diperlambat prosesnya. Tapi jangan putus asa dan menghentikan obat, karena yang terpenting adalah mencegah komplikasi.


Nah itu dia Diabetes Militus, apakah diantara sahabat ada yang mengalami gejalanya? kalau ada silakan dicek dulu ke dokter agar tidak menimbulkan komplikasi.


Wassalam..
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PENDIDIKAN ISLAM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger