Artikel Baru :
Home » » Hukum Memakai Cadar Dalam Islam

Hukum Memakai Cadar Dalam Islam

Sunday, November 3, 2013 | 25komentar


Assalammualaikum...

       Sahabatku yang di rahmati Allah tahukah kalian apa hukum bercadar? Lewat artikel yang singkat ini aul-al-ghifary.blogspot.com akan mencoba menjelaskan sedikit tentang memakai cadar. Sebelum kita melangkah lebih jauh mari kita lihat apa pengertian bercadar, kalau menurut saya bercadar yaitu menutup seluruh anggota tubuh dengan kain, kecuali mata dan hanya berlaku untuk kaum hawa. Memang dari sebagian kita ada yang menganggapnya sunnah, malah sebagian lagi ada yg menganggap keharusan bagi setiap muslimah. Mereka yang mengharuskan bercadar pada umumnya berpedoman pada firman Allah dalam surat Al Ahzab: 59 

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ 

ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".



       Jelas sekali padahal, dalam ayat diatas tidak kita temukan perintah yang menganjurkan menutup muka atau wajah, yang di perintahkan yakni mengulurkan jilbab keseluruh tubuh, bukan muka atau wajah. Jelas sekali bukan...!!
Kalau kita lihat orang yang bercadar kita sulit mengenalinya lantaran muka atau wajah telah ditutupi kain, sedangkan ayat diatas bermaksud ketika seorang wanita menutupi auratnya, dia masih dalam keadaan bisa dikenali, yakni tidak menutup muka atau wajah dengan kain. Saya tidak habis pikir kenapa ada orang yang terlalu fanatik dengan bercadar.

      Mereka yang tidak mengharuskan bercadar berpendapat bahwa wajah bukan termasuk aurat wanita, kedua telapak tangan dan wajah bukan termasuk aurat, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam ‘Al-Mushannaf’ . Mereka juga menggunakan banyak dalil serta mengutip pendapat dari para imam mazhab yang empat dan juga pendapat salafi dari para shahabat Rasulullah SAW.

    Saya sendiri keberatan dengan adanya fatwa keharusan bercadar bagi kaum hawa. Keberatan saya tersebut karena diselingi oleh alasan sebagai berikut:

1. Tidak ada perintah yang jelas mengenakan cadar
2. Sulit dikenali
3. Akan menimbulkan fitnah. Karena bisa saja ada seorang penzina memakai cadar pada        siang hari dan melepaskan cadar pada malam hari.

       Dalam hal ini Sayyid Sabiq mengatakan bahwa seluruh tubuh wanita adalah aurat yang wajib ditutup kecuali muka dan kedua telapak tangan, sebagaimana firman Allah swt :

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

"Janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya". (QS. An Nuur : 31) 

      Maksudnya janganlah mereka memperlihatkan tempat-tempat perhiasan, melainkan kedua telapak tangan, sebagaimana yang diterangkan dalam sebuah hadits dari ibnu Abbas, Ibnu umar dan Aisyah.

       Maksud kata perhiasan disini ialah bukan wajah, tetapi dada dan tempat-tempat lain yang bisa memicu syahwat. Sedangkan yang biasa tampak itu adalah muka dan kedua telapak tangan

     Seorang wanita muslimah diharuskan menggunakan pakaian yang menutupi seluruh tubuhnya serta mengenakan kerudung yang menutupi kepala, leher dan dadanya kecuali wajah dan telapak tangannya. Yang dimaksud dengan wajah adalah mulai dari ujung tempat tumbuhnya rambut sampai ke bagian bawah dari dagu dan selebar antara dua daun telinga, sebagaimana dalil-dalil berikut firman Allah swt :

يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَابِيبِهِنَّ

Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka” (QS. Al Ahzab : 59)

Adapun mengulurkan jilbab itu maksudnya melonggarkan jilbab keseluruh tubuh agar lekuk-lekuk 'perhiasan' wanita tidak berbentuk.

وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

Dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya”. (QS. An Nuur : 31)

Jadi, mengenakan cadar  bukanlah merupakan suatu keharusan bagi setiap muslimah, karena tidak ada firman Allah  atau hadits yang tegas tentang penggunaan cadar. Dan menurut saya menggunakan cadar itu adalah perbuatan yang berlebih-lebihan, Allah tidak suka dengan orang yang berlebih-lebihan, seperti yang telah disebutkan dalam firmannya:

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al A`raaf : 31)

Sahabatku sekalian, jelas sekali dalam quran atau hadits tidak ada perintah menggunakan cadar, cadar hanyalah sebuah bentuk hukum yang di produksi oleh manusia, jadi apakah kita rela meninggalkan Al Quran dan Hadits lalu melaksanakan apa yang di perintahkan manusia? Masya Allah ?
Saya lebih percaya apa yang ada dalam Al Quran dan Hadits.
Sahabatku mungkin dalam artikel ini terdapat kesalahan dari saya untuk itu saya mohon maaf, dan dengan lapang dada saya menerima kritikan yang membangun dari sahabat, silakan berkomentar di bawah ini dengan sopan.


Wassalam..
Share this article :

25 comments:

  1. Assalamu'alaykum Wr. Wb
    Maaf sebelmumnya kak.. sya agak bingung karena artikel kakak ini bertentangan dengan artikel yang ini
    http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/hukum-memakai-cadar-dalam-pandangan-4-madzhab.html
    saya Bingung mau ngikutin yang mna? :(
    mohon di baca rtikel yang itu dan mohon beri penjelasannya :)

    ReplyDelete
  2. Assalammualaikum..
    syukron atas penjelasannya min,
    Mohon maaf sbelumnya tapi menurut sy smua itu tergantung pd Niat si pemakai cadar ny juga ,karena di Zaman skrang ini banyak lelaki yg suka memandang perempuan scara berlebihan bhkan wlau prempuan itu sudah memakai pakaian syar;i , jd kalau sseorang memakai cadar krna ingin lebih melindungi dan menjaga diri dari fitnah sy rasa itu bukn suatu masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam....Sya tdk prnah melihat, ad seorang wanita dgn pkaian syar'i di "ganggu" lelaki hidung belang, jika ingin melindungi diri, ckuplah memakai pakaian syar'i dan bertingkahlakulah sejatinya wanita muslimah, insya Allah, Allah akan melindunginya. Cba bayangkan, jika seluruh wanita indonesia bercadar, bisakah kita mengenali mreka?

      Delete
    2. Assalamu a'laikum...menurut sy berpakaian syar'i tanp memakai cadar,juga bisa mengundang syahwat lelAki apabila lelaki itu memandangi wajah si wanita tersebut

      Delete
  3. Insya Allah, jika pakaian syar'i sprti Aisyah Ra tdk akan menimbulkan syahwat laki2, tp jika pakaian syar'i hanya "membungkus" mka akan menimmbul syahwat. Pakaian syar'i itu longgar sifatnya dan tdk membentuk lekukan tbuh wnita. Wallahu alam bishawab.

    ReplyDelete
  4. Insya Allah, jika pakaian syar'i sprti Aisyah Ra tdk akan menimbulkan syahwat laki2, tp jika pakaian syar'i hanya "membungkus" mka akan menimmbul syahwat. Pakaian syar'i itu longgar sifatnya dan tdk membentuk lekukan tbuh wnita. Wallahu alam bishawab.

    ReplyDelete
  5. Saya stuju dengan artikel ini,menurut saya bercadar itu trllu berlebihan

    ReplyDelete
  6. Tergantung Niatnya
    Yang penting tidak menyalahi aturan sesuai manfaat dan fungsinya masing2
    Menurut sy orang arab dahulu berniaga di padang pasir karna takut hidungnya kemasukan debu itu makanya pakai cadar (perempuan)
    Yang laki2pun tidak enggan menutupi wajahnya dgn kain sorban agar debu tidak masuk kehidungnya.
    Saya sefaham dgn fost ini jgn berlebihan tapi juga jangan kekurangan.

    ReplyDelete
  7. Sya setuju semua wanita indonesia memakai cadar...
    Yang namanya laki2 melihat wanita sexy dan cantik pasti syahwat kecuali LGBT.
    jadi saya setuju wanita indonesia memakai cadar.
    agar tidak ada kejahatan terhadap wanita.
    Bagi saya,wanita bercadar sempurna...
    Siapapun yg melihatnya tidak dengan syahwat.kecuali wanita cantik tidak bercadar,pasti laki2 melihatnya kagum dan ujung2 nya syahwat.

    Wassalam

    ReplyDelete
  8. Barang siapa yang tidak mengikuti sunah ku maka ia bukan termasuk golonganku hadist nabi ,msnusis pertama yang memerintahkan bercadar ialah rosullallah terhadap para istri y,jadi anda harus kaji lagi hakikat bercadar,afwan

    ReplyDelete
  9. Barang siapa yang tidak mengikuti sunah ku maka ia bukan termasuk golonganku hadist nabi ,msnusis pertama yang memerintahkan bercadar ialah rosullallah terhadap para istri y,jadi anda harus kaji lagi hakikat bercadar,afwan

    ReplyDelete
  10. Barang siapa yang tidak mengikuti sunah ku maka ia bukan termasuk golonganku hadist nabi ,msnusis pertama yang memerintahkan bercadar ialah rosullallah terhadap para istri y,jadi anda harus kaji lagi hakikat bercadar,afwan

    ReplyDelete
  11. Barang siapa yang tidak mengikuti sunah ku maka ia bukan termasuk golonganku hadist nabi ,msnusis pertama yang memerintahkan bercadar ialah rosullallah terhadap para istri y,jadi anda harus kaji lagi hakikat bercadar,afwan

    ReplyDelete
  12. Betul sekali,semua istri rasullalloh bercadar.bagaimana bisa kita menentang rasulalloh,yg sebagian mereka mengatakan cadar adalah tradisi org arab krn untuk menghindari gurun pasir.pdhl sm2 kita ketahui sekarang arab dipenuhi dg gedung2 yg menjulang tggi,tdk seperti 1500 masehi toh wanita muslimah disana msih memakai cadarnya.klo antum skalian tahu bagaimn bnyak nya manfaat bercadar dri mudharot nya(terhindar dri pandangan lelaki jalang,terlindungi dri panas matahari,terlindungi dri debu dll)masya Alloh mgkin semua keluarga antum disuruh bercadar.meskipun ana baru hitungan jari bercadar tpi Alhamdulillah nikmat yg Alloh berikan luar biasa

    ReplyDelete
  13. Assalamuaikum....
    Mnrut sya ini bkan brlebih lebihan. Tpi ini adlah slah stu cra untuk bsa mlindungi diri dri laki" hindung blang, aplgi skrg kt tau bhwa zaman sdah brubah. Zina dimna" prmpuan brsma laki" itu sdah biasa, tpi dgn cadar kt bsa brlndung dri hal" yg naidzubillah sprti itu. Kita brcdar trgantung niat dan tujuan, klau tjuan kita baik insha allah psti akn mndtankan kbaikan dan manfaat pula, dan bgtu jga sbliknya. Coba klau wjah tdak trtutup dan kt mmberikan senyum kpda lelaki, dan kmdian it bsa mnimbulkan syahwat.
    Wassalam....

    ReplyDelete
  14. Assalamuaikum....
    Mnrut sya ini bkan brlebih lebihan. Tpi ini adlah slah stu cra untuk bsa mlindungi diri dri laki" hindung blang, aplgi skrg kt tau bhwa zaman sdah brubah. Zina dimna" prmpuan brsma laki" itu sdah biasa, tpi dgn cadar kt bsa brlndung dri hal" yg naidzubillah sprti itu. Kita brcdar trgantung niat dan tujuan, klau tjuan kita baik insha allah psti akn mndtankan kbaikan dan manfaat pula, dan bgtu jga sbliknya. Coba klau wjah tdak trtutup dan kt mmberikan senyum kpda lelaki, dan kmdian it bsa mnimbulkan syahwat.
    Wassalam....

    ReplyDelete
  15. Assalamualaikum.
    Mohon anda yang membuat artikel ini. Anda pikirkan baik baik dan anda segera perbaiki, jika anda memang benar-benar betul tentang niqab, berarti anda beruntung tetapi jika anda benar-benar salah, anda jelas ada perhitungan disana ditambah lagi dengan orang orang yang membaca nya. Jangan ikuti hati, sebab semuanya akan dipertanggungjawabkan ikutilah sunnah. Nabi dan para sahabat sudah dijamin masuk surga, lalu anda mau ikut siapa. maaf saya merasa marah saja jika ketauhid tan di tentang, ditentang dengan ide pribadi, cukup lah itu untuk dirimu sendiri. Ingat, anda menanam, anda akan menuai

    ReplyDelete
  16. Mas maaf, anda lulusan IAIN beneran ngak ya?
    Bukannya memakai celana itu diatas mata kaki. Kok darinya foto anda saja seperti itu. astagfirullah, semoga anda memang islam yang berpegang pada Alquran dan sunnah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diagama saya gak diajarkan berburuk sangka

      Delete
    2. Diagama saya gak diajarkan berburuk sangka

      Delete
  17. Knapa cma wanita yg slalu djadikan alasan sebagai sumber syahwat dalam pemakaian niqab. Bkankah sabda Rasul ‘Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu menikah, maka menikahlah. Karena menikah lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia berpuasa; karena puasa dapat menekan syahwatnya (sebagai tameng).'

    Sumber: https://almanhaj.or.id/3565-anjuran-untuk-menikah.html

    Jd mnurut saya jka ada yg mnjadikn syahwat sbagai alasan untuk mewajibkn wanita memakai niqab sementara pakaian yg dpakainya sudah syar'i, it sangat tidak adil. Islam it sangat adil, ada aturan untuk laki2 dan juga wanita.
    Selain itu, jika kita brtindak layakny wanita muslim seharusnya, insyaAllah akan terjaga dari hal2 yg tidak diinginkn.

    ReplyDelete
  18. Org Indonesia itu wanita modernnya menganggap kiblatnya itu ke arah budaya barat , dan knp kita tidak diperbolehkan berbudaya Arab ?? Misalkan bercadar tidak diperbolehkan kenapa di Arab semua wanitanya tertutup rapat , bisa kasih penjelasan nya kak ?

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. KESIMPULAN
    1. Wanita menutup wajahnya bukanlah sesuatu yang aneh di zaman kenabian. Karena hal itu dilakukan oleh ummahatul mukminin (para istri Rasulullah) dan sebagian sahabiyyat (para wanita sahabat). Sehingga merupakan sesuatu yang disyari’atkan dan keutamaan.

    2. Membuka wajah juga dilakukan oleh sebagian sahabiyyat. Bahkan hingga akhir masa kehidupan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan berlanjut pada perbuatan wanita-wanita pada zaman setelahnya.

    3. Seorang muslim tidak boleh merendahkan wanita yang menutup wajahnya dan tidak boleh menganggapnya berlebihan.

    4. Dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan kewajiban wanita untuk berhijab (menutupi diri dari laki-laki) dan berjilbab serta menutupi perhiasannya secara umum. Dalil-dalil yang disebutkan para ulama yang tidak mewajibkan cadar begitu kuat; menunjukkan bahwa wajah dan telapak tangan wanita bukan aurat yang harus ditutup.

    Inilah jawaban kami tentang masalah cadar bagi wanita. Mudah-mudahan kaum muslimin dapat saling memahami permasalahan ini dengan sebaik-baiknya. Wallahu a’lam bishshawwab.



    Sumber: https://almanhaj.or.id/1855-hukum-cadar-dalil-yang-tidak-mewajibkan.html

    ReplyDelete
  21. Sy bru sj berniat memakai cadar pass sy baca artikel ini niat sy semakin kuat tuk memakainya karna bagi sy menutupi wajah dr pandangan lelaki lain selain suami adlh wajib....
    Sy pernah merasakan gmn rasanya berpakaian seksi dlm jangka waktu yang lam....
    Sy pernah merasakan gmn rasanya memakai jilbab yg yg hanya sekedar berjilbab....
    Dan sekarang sy merasakan gmn rasanya berhijab syari' oleh karna sy sdh merasakannya maka sy berani berkata bahwa sy wajib memakai cadar....
    Terimah kasih karna artikel anda ini memperkuat keinginan sy tuk memakai cadar....

    ReplyDelete

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PENDIDIKAN ISLAM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger